Sejarah

SEJARAH PROGRAM STUDI

Program Studi Bahasa Inggris DIII Universitas Airlangga berdiri sejak tahun 2001 berdasarkan SK DIKTI nomor 3105/D/T/2001. Prodi ini berdiri dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan tenaga kerja yang berkualitas dalam berbahasa Inggris terapan. Sebagai lembaga pendidikan vokasi, prodi Bahasa Inggris DIII mengkonsentrasikan pendidikan mahasiswanya pada 2 minat: Pengajaran Bahasa Inggris dan Komunikasi Bisnis. Lulusan prodi ini diharapkan dapat melayani kebutuhan masyarakat baik dalam industri dan jasa pengajaran bahasa Inggris.

PERKEMBANGAN PROGRAM STUDI

Dalam perkembangannya, program studi Bahasa Inggris ini telah banyak mengalami perubahan, antara lain kurikulum, yang disesuaikan dengan kebutuhan semua pihak yang terlibat baik internal maupun eksternal. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang dengan pesat, mau tidak mau, juga mempengaruhi perkembangan proses belajar mengajar yang diberikan dalam prodi ini. Sejak berdirinya, program studi Bahasa Inggris telah mengalami 1 kali perubahan kurikulum yang dilakukan pada tahun 2010. Jadi, selama berlangsungnya prodi, kurikulum yang pernah dan sedang digunakan adalah kurikulum tahun 2001 dan kurikulum tahun 2010. Meskipun hanya mengalami sekali perubahan, namun kurikulum yang ada di prodi ini selalu ditelaah setiap tahun. Dalam telaah tersebut, prodi telah banyak melakukan penyesuaian dengan cara memperbarui kompetensi beberapa mata kuliah, menambah mata kuliah baru yang dirasa penting serta menyesuaikan jumlah sks yang ditawarkan. Semua ini dilakukan berdasarkan analisa kebutuhan yang dilakukan prodi baik terhadap dosen, mahasiswa maupun stakeholders atau pemangku kepentingan.

Dalam telaah kurikulum tahun 2013, prodi juga melakukan beberapa penyesuaian dengan menambah 1 mata kuliah baru dan melebur beberapa mata kuliah menjadi satu (dari 4 mata kuliah menjadi 2 mata kuliah). Karena hal ini tidak dilakukan secara major, maka perubahan ini kami anggap sebagai perubahan minor. Mata kuliah yang ditambahkan adalah Computer Assisted Language Learning dengan alasan perkembangan teknologi di dunia pengajaran Bahasa Inggris mutlak diperlukan sementara selama ini hal itu belum terakomodasi dalam minat pengajaran. Sedangkan mata kuliah yang dilebur adalah Extensive English 1 dan 2menjadi Extensive English dan Interpreting 1 dan 2 menjadi Interpreting. Semuanya dimaksudkan untuk dapat lebih mengakomodasi mahasiswa dan membekali mereka agar siap kerja, terampil, kreatif dan berinovasi dalam dunia kerja yang mereka pilih.

Share on

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.