Business Visit D-III Bahasa Inggris “Dream, Believe, Achieve”

Business Visit 2019 yang diselenggarakan oleh HIMA D3 Bahasa Inggris Fakultas Vokasi Universitas Airlangga kali ini mengusung tema “Dream, Believe, Achieve”. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dari D3 Bahasa Inggris sendiri untuk melaksanan study outdoor. Berbeda dari tahun sebelumnya yang melabeli kegiatan ini sebagai “study visit” namun pada tahun ini EDSO 2019 mengganti nama kegiatan ini menjadi “Business Visit”. Dalam kegiatan ini mahasiswa di perkenankan untuk melakukan pembelajaran secara observasi langsung terjun kelapangan. Adapun instansi-instansi bergengsi nasional yang kami datangi yaitu Kemenpar, CNN Indonesia, Metro TV, dan The Jakarta Post.

Kegiatan diawali dengan berkumpul di Universitas Airlangga sebagai titik keberangkatan ke Jakarta dengan menggunakan bus. Perjalanan dilakukan pada malam hari agar mengefisiensikan waktu. Pada pagi hari sesampainya di Jakarta, rombongan EDSO langsung menuju ke tujuan awal yaitu Kementrian Pariwisata Republik Indonesia yang terletak di Jl. Medan Merdeka Barat. Pihak Kemenpar menjamu rombongan EDSO dengan hangat. Disana mereka menjelaskan beberapa ilmu mengenai relatability of our prodi with esensi kemenpar sendiri. Mereka juga memberikan informasi mengenai permagangan untuk mahasiswa semester 5.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju kantor Metro TV yang ada di Jl. Pilar Mas Raya. Metro TV merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak pada bidang broadcasting yaitu mereka lebih mengutamakan untuk menampilkan konten yang berisikan berita, fakta, serta pengetahuan. Di Metro TV sendiri kami diberikan berbagai macam ilmu tentang prodi kami yg terpakai di Metro TV. Kami diajak berkeliling untuk melihat kinerja para staff yang bekerja di Metro TV serta melihat beberapa studi yang dipakai untuk keperluan shooting beberapa acara mereka. Kami juga mendapat kesempatan berharga karna kami diperbolehkan memasuki salah satu studio yang sedang rekaman bersama Hotman Paris.

Pada hari selanjutnya perjalanan kami lanjutkan ke CNN Indonesia dengan The Jakarta Post. Namun, pada kesempatan kali ini kami harus membagi rombongan menjadi 2 rombongan dikarenakan 2 perusahaan ini belum menyanggupi untuk kedatangan rombongan besar.

Pada saat berada di CNN Indonesia yang berada di Jl. Kapten P. Tendean. Cable News Network Indonesia (disingkat CNN Indonesia) adalah stasiun televisi dan situs berita milik Trans Media bekerjasama dengan Warner Media. Di CNN kami diberikan banyak sekali ilmu mengenai dunia berita digital. Ada hari tertentu di kantor CNN Indonesia yang mengadakan live music sehingga membuat para pekerja di CNN Indonesia merasa terhibur. Kemudian kami diajak berkeliling kantor untuk mengetahui kinerja para staff ketika bekerja di kantor. Ada ruang kerja yg cukup unik menurut kami karna di ruang kerja itu ada seluncuran yg membantu para pekerja di lantai 2 untuk turun melewati seluncuran itu sehingga sedikit menghilangkan stress dalam bekerja.

Pada saat berada di The Jakarta Post yang berada di Jl. Palmerah Barat. Kami merasa terkejut ketika pertama kali datang di kantor The Jakarta Post karna kami pertama kali mengetahui jika The Jakarta post merupakan kantor berita cetak yang berbahasa Inggris. Ya, kami sangat kagum dengan berita yang mereka buat dalam Bahasa Inggris. Kami rasa beberapa pekerjaan yang ada di The Jakarta Post sama dengan mata kuliah yang ada dalam prodi kami yaitu translation. Kami dibuat kagum oleh beberapa pekerja yg sedang membuat artikel dengan Bahasa Inggris. Setelah kami diberikan banyak ilmu tentang berita cetak sekaligus diajak berkeliling kantor, kami diberikan hadiah sebuah koran yang rilis pada hari itu di The Jakarta Post.

Pengalaman dua hari di jakarta yang membuat kami sangat berkesan karna mendapatkan kesempatan besar untuk mengunjungi beberapa instansi besar yang berada di Indonesia. Kami mendapat banyak sekali ilmu, pengalaman, serta banyak sekali manfaat untuk diri kami

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

No products in the cart.